Panduan Penulisan Soal US dan USBN SD Versi 2017 PAS dan PAT
Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.
Panduan Penulisan Soal US dan USBN SD Versi 2017 PAS dan PAT |
Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban (non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.
Oleh karena penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid. Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian lain seperti portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut tidak penting.
Dalam pendahuluan Panduan Penulisan Soal SD ini ditetapkan penulisan soal adalah proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Buku Panduan Penulisan Soal SD veris 2017 ini adalah upaya untuk menolong pengarang soal menghasilkan soal yang berkualitas, tergolong soal yang mengukur beranggapan tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diserahkan diinginkan bisa menyerahkan ilustrasi bagaimana kedua format tes baik tes dengan opsi dan tes tanpa pilihan itu dapat dipakai untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid.
Daftar Isi :
Video Tutorial PenulisanKisi-kisi Soal
Video Tutorial PenulisanSoal Pilihan Ganda (1)
Video Tutorial PenulisanSoal Pilihan Ganda (2)
Video Penulisan Soal Pilihan Ganda (3)
Video Tutorial PenulisanSoal Uraian
Video Tutorial PenulisanSoal Isian
Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Tingkat KognitifHOTS
Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Kareateristik Soal HOTS
Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Contoh Soal HOTS
Bagaimana adik-adik? semoga sukses ya. Jangan lupa komentar dan saran dibawah ini. Jika ingin menghubungi saya bisa lewat Sosial media dan konta pesan email dan klik unduh untuk menguduh file pdf diatas