Sejarah Lengkap Berdirinya Google
Sejarah Lengkap Berdirinya Google – Jika pada artikel sebelumnya saya sempat share Sejarah singkat berdirinya google. Pada artikel keli ini yang akan saya share adalah sejarah lengkap dan panjang awal mulanya berdiri perushaan besar di dunia yaitu Google. Sejarah awal mulanya google beridiri akan saya bahas secara rinci di artikel kali ini, semoga sejarah google yang saya share disini dapat bermanfaat bagi sobat pembaca semua.
Saat Larry dan Sergey pertama kali bertemu, mereka sama sekali tidak saling menyukai.
Pada musim panas 1995, Larry Page sedang mempertimbangkan untuk pindah ke program pascasarjana Stanford University di Ilmu Komputer. Sergey Brin sudah dua tahun mengikuti program ini, dan dia telah mendaftar menjadi pemandu wisata untuk calon siswa. Pada suatu hari di musim panas, dia menunjukkan Page dan sekelompok calon mahasiswa Stanford lainnya di sekitar Bay Area.
“Saya pikir dia sangat menjengkelkan,” kata Page kemudian dari pembimbingnya. “Dia benar-benar memiliki pendapat kuat tentang berbagai hal dan saya kira juga begitu.”
“Kami sama-sama saling menjengkelkan,” Brin setuju. Namun, bukan kebencian sama sekali, sama seperti kedatangan dua tokoh intelektual kuat dan kuat. Mereka mungkin saling menginjak jari kaki satu sama lain, tapi pada saat bersamaan ada sedikit ketegangan pada pertemuan itu. “Kami menghabiskan banyak waktu untuk berbicara satu sama lain,” Brin ingat, “jadi ada sesuatu di sana. Kami memiliki semacam keluhan. ”
Di permukaan, sepertinya tidak seperti Page dan Brin memiliki kesamaan. Halaman ini adalah Midwestern, lahir di East Lansing, Michigan pada tanggal 26 Maret 1973. Brin lahir di Moskow, di era Uni Soviet, pada tanggal 21 Agustus 1973, hanya beremigrasi ke Amerika Serikat ketika dia berusia enam tahun. Halaman dilindungi, tenang, kontemplatif. Brin keluar, suka berteman, nyaring. Halaman adalah pemikir yang dalam, seorang visioner. Brin, pemecah masalah, insinyur insinyur.
Tapi keduanya memiliki lebih banyak kesamaan daripada yang diketahui hari pertama itu. Untuk satu hal, keduanya berasal dari keluarga akademisi. Ayah Page adalah seorang profesor Ilmu Komputer perintis di Michigan State University, tempat ibunya juga seorang instruktur pemrograman komputer. Ayah Brin adalah seorang profesor matematika di University of Maryland dan ibunya seorang peneliti di Goddard Space Flight Center NASA. Larry dan Sergey keduanya tumbuh untuk menghormati penelitian, studi akademis, matematika dan, terutama, komputer. Dan ternyata mereka berdua memiliki pikiran ingin tahu yang percaya pada kekuatan pengetahuan untuk mengatasi segala hambatan, intelektual atau praktis. Masing-masing telah ditanamkan ke dalam semangat ketakutan intelektual ini di usia muda.
LARRYANDSERGEY
“Anda tidak bisa mengerti Google,” karyawan Google awal Marissa Mayer bersikeras, “kecuali jika Anda tahu bahwa baik Larry dan Sergey adalah anak-anak Montessori. Ini benar-benar tertanam dalam kepribadian mereka. Untuk mengajukan pertanyaan mereka sendiri, lakukan hal-hal mereka sendiri. Lakukan sesuatu karena masuk akal, bukan karena beberapa tokoh otoritas memberi tahu Anda. Di sekolah Montessori, Anda melukis karena Anda memiliki sesuatu untuk diungkapkan atau Anda hanya ingin melakukannya siang itu, bukan karena gurunya berkata begitu. Ini dipanggang bagaimana Larry dan Sergey mendekati masalah. Mereka selalu bertanya, mengapa harus seperti itu? Begitulah cara otak mereka diprogram sejak dini. ”
Bagi Larry dan Sergey, ketakutan intelektual mereka tumpang tindih sedemikian rupa sehingga kepribadian mereka yang saling bertentangan akhirnya saling memuji. Ketika Page bergabung dengan Stanford untuk tahun ajaran 95/96, dia dan Brin menjadi dekat. Teman-teman memanggil duo LerryandSergey, menunjukkan bahwa mereka agak tidak terpisahkan. Pasangan ini akhirnya akan berdebat tanpa henti mengenai topik mulai dari filsafat hingga komputasi hingga film, dua polymath yang sama serasi mendebarkan ke joust intelektual. Proyek hobi Brin adalah membuat program perangkat lunak yang bisa memberikan rekomendasi film berdasarkan selera dan kebiasaan menonton orang lain yang pernah melihat film serupa (terdengar tidak seperti apa yang kemudian disempurnakan Netflix). Obsesi mimpi halaman adalah menciptakan sebuah sistem mobil otomobil dan jaringan untuk mengangkut orang di sekitar (jadi mungkin bukan kebetulan bahwa Google sedang mengerjakan mobil tanpa sopir saat ini).
Meskipun mereka seumuran, Brin secara akademis dua tahun di depan Page karena dia telah menyelesaikan gelar sarjana Ilmu Komputer pada usia 19 tahun dan telah mengikuti semua ujian program doktor Stanford pada percobaan pertama. Tapi meski awal kepala ini dimulai, dan meski mendapat beasiswa Nation Science Foundation yang memungkinkan dia melakukan apa pun yang dia inginkan, Brin telah terhenti dalam usahanya untuk memakukan topik disertasinya. Tentu saja, halaman yang baru saja tiba juga perlu memutuskan disertasinya, dan nasib membuat kedua pasangan itu semakin dekat.
Pada bulan Januari 1996, LarryandSergey akhirnya bekerja di kantor yang sama, nomor 360 di gedung Ilmu Komputer William Gates yang baru selesai dibangun di kampus Stanford. Bangunan itu tentu saja dinamai oleh pendiri Microsoft, yang telah menyumbangkan $ 6 juta dolar untuk pembangunan itu. Sepanjang karirnya, Gates berulang kali meramalkan bahwa suatu hari, beberapa siswa di suatu tempat akan menemukan sebuah perusahaan yang akan menantang Microsoft untuk menguasai industri teknologi. Prediksinya ternyata benar, dan perusahaan itu akan datang dari dua siswa yang bekerja di sebuah gedung dengan namanya di atasnya.
Web telah menjadi daerah aliran sungai bagi ilmuwan komputer, ilmuwan data, ilmuwan informasi, ahli matematika-daftarnya tidak ada habisnya. Untuk sejumlah bidang, web adalah anugerah yang luar biasa, hanya dari perspektif penelitian. Untuk berbagai disiplin ilmu, web sekarang menyajikan miliaran miliaran datapoint untuk penelitian mereka-semuanya tersedia dan dapat diakses secara gratis-sebuah kumpulan informasi yang tampaknya tak terbatas. Larry Page beralih ke web untuk menemukan disertasi bukan karena dia ingin membangun mesin pencari tapi karena, untuk mahasiswa pascasarjana ilmu matematika yang cenderung matematis, web itu berada di tempat pada tahun 1996.
Halaman terpukul oleh kebenaran mendasar tentang web yang sangat mencolok saat Anda menyatakannya dengan keras: ini dibangun di atas tautan. Satu halaman terhubung ke yang lain; satu ide terhubung ke yang lain. Tapi apa yang terjadi pada Larry Page itu, karena belum ada yang mau repot-repot menganalisa struktur ekosistem link secara komprehensif. Misalnya, mungkin untuk mengetahui bahwa halaman web A terhubung ke halaman web B karena Anda bisa melihatnya … Anda bisa mengikuti linknya. Tapi bagaimana sebaliknya? Halaman apa yang telah menghubungkan halaman web A? Tidak ada cara untuk mengetahuinya. Anda tidak bisa mengikuti link stream mundur, hanya ke depan. Tampaknya hal sepele untuk dipertimbangkan, tapi Page bertanya-tanya: jika Anda menganalisis semua tautan belakang, jika Anda memetakan struktur tautan keseluruhan web, jenis wawasan apa yang mungkin diberikan data itu? Intuisi Page adalah bahwa ini mungkin lebih dari sekedar pertanyaan teoretis yang menarik.
Saat dia memikirkan gagasan itu dengan Brin, pendidikan bersama mereka saat anak-anak akademisi menendang masuk. LarryandSergey tahu kekuatan kutipan akademisnya. Orang tua mereka telah menerbitkan makalah akademis. Mereka sendiri bermaksud menerbitkan makalah akademis untuk mendapatkan PHD mereka. Dan mereka tahu bahwa setiap makalah akademis yang layak mendapatkan garam membangun argumennya dengan mengutip makalah dan penelitian akademis lainnya. Di dunia akademisi, kutipan tersebut, akumulasi jumlah “suara” dari kertas ke kertas yang disajikan, selama bertahun-tahun, memberi nilai pada gagasan yang diberikan – pada dasarnya memberi peringkat berdasarkan jumlah kutipan. Dokumen yang paling banyak dikutip dipahami sebagai yang paling otoritatif. “Ternyata, orang yang memenangkan Hadiah Nobel memiliki kutipan dari 10.000 makalah berbeda,” Page akan mengatakannya nanti.
Nah, apa itu link web tapi kutipan digital? Jika Anda menganalisis tautan, menganalisis kutipan, Anda mungkin bisa membuat kesimpulan tentang nilai relatif dari halaman web yang diberikan, dan bahkan mungkin menentukan halaman web mana yang lebih otoritatif dengan menganalisis tautan belakang dengan cara yang sama seperti menghitung Kutipan memberi tahu Anda kertas akademis mana yang pasti.
Larry Page ingin memetakan nilai koneksi web dengan mundur melalui rantai tautan. Page pergi ke penasihat akademisnya, Terry Winograd, dan meminta uang dan mesin yang memungkinkannya untuk memetakan tautan web. Dia menjuluki proyek BackRub. Ketika ditanya berapa banyak web yang ingin dipetakannya, dia menjawab: “keseluruhan web.”
BACKRUB / PAGERANK
“Dalam arti, web adalah ini: siapapun dapat memberi keterangan dengan mudah hanya dengan menghubungkannya,” Page akan mengatakannya nanti. “Rasanya agak asyik mengumpulkan semua tautan di web dan membalikkannya.”
Jadi, pada bulan Maret 1996, Larry Page meluncurkan BackRub dengan mengirimkan bot pencarian, yang dikenal sebagai “laba-laba,” ke web untuk menemukan semua tautan. Dia memulai dengan satu halaman-homepage sains komputer Stanford-dan kemudian menyebar, mengikuti link demi link, membuat katalog semuanya, dan kemudian memberi peringkat pada halaman web berdasarkan kutipan tautan ini.
Ini adalah kompleksitas matematis dari peringkat ini – masalah rumit untuk menentukan halaman mana yang lebih berharga berdasarkan kombinasi akumulasi tautan dan juga kewenangan yang dilewatkan dari halaman yang terkait dengan halaman lain-yang menarik Sergey Brin untuk bergabung dalam proyek ini. Larry dan Sergey menyebut sistem peringkat gabungan mereka PageRank, baik sebagai ode untuk Page sendiri, atau sebagai deskriptor yang jelas mengenai apa yang sistem dimaksudkan untuk dilakukan.
“Gagasan di balik PageRank adalah Anda dapat memperkirakan pentingnya halaman web dari halaman web yang terhubung dengannya,” kata Brin. “Kami benar-benar mengembangkan banyak matematika untuk memecahkan masalah itu. Halaman penting cenderung untuk link ke halaman penting. Kami mengubah seluruh web menjadi sebuah persamaan besar dengan beberapa ratus juta variabel yang merupakan PageRanks dari semua halaman web, dan miliaran istilah, yang semuanya merupakan tautan. ”
“Ini semua rekursif,” kata Page. “Di satu sisi, seberapa bagus Anda ditentukan oleh siapa yang terhubung dengan Anda dan siapa yang Anda tautkan untuk menentukan seberapa bagus Anda. Ini semua lingkaran besar. ”
LarryandSergey tiba-tiba punya proyek yang bisa membuat disertasi yang cukup menarik. Dan begitu pasangan itu melihat hasilnya, mereka menyadari bahwa intuisi mereka telah mati: analogi kutipannya berhasil. Jika Anda ingin tahu halaman web yang paling otoritatif tentang topik seperti, katakanlah, “selancar angin,” BackRub / PageRank bisa memberi tahu Anda. Ini akan diketahui berdasarkan link akumulasi tentu saja-jumlah suara yang sebenarnya dari situs lain-tapi juga dari otoritas yang diteruskan dari situs otoritatif lainnya. Berkat matematika Brin (sebagian besar, aljabar linier dan sesuatu tentang vektor eigen dari matriks tautan berbobot, bagi mereka yang mengetahui artinya) kutipan dari situs web yang sangat penting lebih berharga daripada yang lain. Tautan dari laman web pribadi orang tidak dikenal mungkin berharga, namun tautan dari pemain selebriti profesional dinilai lebih berharga … dan tautan dari, katakanlah, beranda Yahoo, akan menjadi lebih berharga lagi.
Pada saat inilah aplikasi yang sangat menarik untuk proyek matematika kecil ini menjadi jelas. “Cukup jelas bagi saya dan anggota kelompok lainnya,” Page mengatakan kemudian, “bahwa jika Anda memiliki cara untuk menentukan peringkat berdasarkan tidak hanya pada halaman itu sendiri namun berdasarkan pada apa yang dipikirkan dunia tentang halaman itu, itu akan menjadi Hal yang sangat berharga untuk pencarian. ”
Ternyata alasan mengapa mesin telusur tidak pernah bekerja dengan baik sebelum PageRank bukan karena mereka rusak, tetapi karena mereka kehilangan inovasi utama yang telah ditemukan oleh Brin dan Page: relevansi. Jika, pada tahun 1997, Anda melakukan pencarian untuk “perusahaan mobil” bahkan pada mesin pencari terbaik saat itu (AltaVista), Anda akan merasa kecewa karena situs Ford, General Motors atau Toyota mungkin tidak akan muncul. Bukan berarti AltaVista tidak dapat menemukan situs tersebut. Itu pasti sudah! Ford.com atau GM.com atau Toyota.com kemungkinan besar ada dalam daftar puluhan ribu hasil yang ditemukan AltaVista. Hanya saja AltaVista tidak memiliki cara untuk menampilkan hasil yang paling relevan ke atas, jadi mereka berada di halaman 3 dari hasil pencarian. Atau halaman 300. PageRank memecahkan masalah relevansi ini, dan itulah kuncinya. PageRank tahu situs mana yang merupakan situs otomotif paling otoritatif, dan saat Anda menggabungkan kecakapan algoritmik dengan trik informasi pencarian tradisional yang semua mesin pencari sudah menggunakan, tiba-tiba semuanya … hanya … berhasil. Memang, seperti Page dan Brin menggabungkan BackRub dan PageRank dengan metode pencarian tradisional seperti menganalisis teks di halaman, judul halaman web atau metatag dan, terutama, menguraikan teks jangkar yang disebut link (seseorang yang membuat tautan dari kata-kata “Toko bunga” dan kemudian menunjuk ke situs web tertentu benar-benar mencoba untuk memberi tahu Anda sesuatu) mereka menyadari bahwa PageRank sangat hebat. Pencarian untuk “surat kabar New York” sekarang bisa mengembalikan New York Times atau New York Post sebagai daftar pertama, bukan sembarang situs surat kabar acak atau situs web untuk klub bersepeda berbasis di New York.
Dan sebenarnya, Page dan Brin menemukan bahwa algoritme mereka memang rekursif, yang berarti bahwa semakin banyak data yang mereka berikan, semakin banyak halaman web yang dianalisis, semakin baik yang didapatnya. Dengan melakukan tweaking matematika lebih banyak lagi, alat pencarian LarryandSergey dapat dengan andal menemukan orang, menemukan fakta atau data yang paling tidak jelas, dan bahkan menjawab pertanyaan. PageRank tidak menemukan hal baru. Itu hanya menemukan sesuatu dengan cara yang lebih baik. Mesin pencari sebelumnya sudah mendapatkan hasil yang sama. Mereka sudah menjawab setiap pertanyaan dengan benar. Tapi menemukan jarum di tumpukan jerami dan meletakkannya di bagian atas daftar yang PageRank lakukan lebih baik.
“Bukannya mereka [Page dan Brin] duduk dan berkata, ‘Ayo buat mesin pencari besar berikutnya,'” kata Rajeev Motwani, penasehat akademis Brin. “Mereka mencoba memecahkan masalah yang menarik dan menemukan beberapa gagasan bagus.”
ATTEMPTS MENJUAL
Itu adalah hal yang baik Page dan Brin tidak bermaksud membangun mesin pencari besar berikutnya, karena, pada saat itu, tidak ada yang benar-benar berteriak-teriak untuk satu orang. Pada akhir tahun 90an, ketika Page dan Brin mulai mengubah BackRub / PageRank menjadi mesin pencari, ada tinggal di alam semesta pemain pencari utama: Yahoo, Excite, Lycos, AltaVista, AskJeeves, MSN, dan seterusnya. Di saat Yahoo memiliki cap pasar seharga $ 100 miliar, siapa yang membutuhkan peserta lain ke tempat yang sudah penuh sesak, tidak peduli seberapa superior itu?
Untungnya, Page dan Brin tidak fokus pada bisnis saat itu. Mereka masih mengajar kelas ilmu komputer pada jam-jam kerja mereka tidak mengerjakan proyek mereka. Mereka adalah akademisi, lebih tertarik untuk mempertahankan disertasi dan menerbitkan makalah tentang penelitian mereka daripada memulai sebuah perusahaan seputar gagasan mereka. Jadi, mereka menghasilkan makalah itu: “Anatomi Mesin Pencari Web Hypertextual Skala Besar” yang dipresentasikan pada sebuah konferensi di Australia pada bulan Mei 1998.
Dan bahkan ketika mereka menerbitkan makalah ini, tidak segera jelas bahwa PageRank adalah seorang changer dunia. Seperti yang sering terjadi dalam sejarah penemuan, periset pencarian lainnya memiliki momen eureka yang serupa sekitar waktu yang sama. Seorang ilmuwan komputer di Cornell bernama Jon Kleinberg berhasil menemukan algoritme berbasis eigenvector yang serupa dengan otoritas pada akhir 1996 saat bekerja sebagai rekan riset IBM. Juga pada tahun 1996, seorang insinyur bernama Yanhong (Robin) Li mengembangkan sebuah algoritma bernama RankDex saat bekerja untuk Dow Jones. Li akhirnya akan kembali ke negara asalnya China dan menggunakan apa yang dia pelajari untuk akhirnya menciptakan Baidu – sampai hari ini mesin pencari terpopuler di negara tersebut.
Tapi jika Page dan Brin awalnya tetap setia pada jalur akademik yang mereka pilih, itu tidak berarti mereka buta terhadap kemungkinan finansial yang melekat dalam pekerjaan mereka. Bagaimana mereka bisa? Mereka adalah mahasiswa di Stanford University, yang telah menginkubasi dua perusahaan pencarian yang cukup sukses di Yahoo dan Excite. Dan inilah akhir 1990an; gelembung Dotcom sedang dalam ayunan penuh. Siswa yang belajar ilmu komputer di jantung Silicon Valley tidak bisa tidak memperhatikan apa yang terjadi di sekitar mereka. “Ini adalah waktu yang sulit untuk tetap di sekolah pascasarjana,” ingat Tamara Munzner, salah satu siswa yang berbagi kamar 360 gedung Gates dengan Page dan Brin. “Setiap kali Anda pergi ke pesta, Anda memiliki banyak tawaran pekerjaan dan semuanya nyata. Saya harus memutuskan ulang setiap istilah untuk tidak pergi. ”
Langkah yang jelas adalah melisensikan PageRank ke salah satu pemain yang ada, dan memang inilah yang Page dan Brin coba lakukan. Mereka bertemu dengan semua orang dari pendiri Yahoo Jerry Yang dan David Filo, kepada pelopor pencarian lainnya, Steve Kirsch dari Infoseek. Tidak ada yang tertarik.
Yang paling dekat mereka datang untuk membuat kesepakatan adalah ketika Page menulis sebuah proposal ekstensif untuk kepemimpinan Excite, menunjukkan bahwa mereka menggantikan algoritma Excite yang ada dengannya. Dengan melakukan itu, dia menghitung, akan menghasilkan tambahan $ 47 juta dolar untuk mesin pencari. “Dengan bantuan saya,” tulis Page dalam proposalnya, “teknologi ini akan memberi Excite keuntungan yang substansial dan akan mendorongnya ke posisi kepemimpinan pasar.” Yang dia minta sebagai gantinya adalah uang tunai $ 1.6 juta yang tampaknya masuk akal dan saham Excite- sebuah gajian kecil yang menyenangkan – dan kemudian dia dan Brin akan kembali menyelesaikan pekerjaan doktor mereka. Excite membalas dengan $ 750.000, yang ditolak oleh Page dan Brin.
Kegagalan pemain incumbent search ‘menggeser teknologi PageRank telah menjadi terkenal dalam pengetahuan bisnis sebagai salah satu peluang terlewatkan sepanjang masa. Larry Page telah, dalam beberapa kesempatan, menyarankan agar perusahaan pencari hanya rabun. “Mereka menjadi portal. Kami mungkin akan melisensikannya jika seseorang memberi kami uang … [Tapi] mereka tidak tertarik untuk mencari, “kata Page. “Mereka memang memiliki horoskop.”
Tapi Excite CEO George Bell memiliki ingatan yang sedikit berbeda, itu sedikit lebih sedikit: “Hal yang dihormati Larry, yang kita semua ingat, adalah Larry berkata, ‘Jika kita datang untuk bekerja untuk Excite, Anda perlu merobek semua teknologi Excite dan menggantinya dengan pencarian [kami]. “Dan, akhirnya, itu – dalam ingatanku – di mana kesepakatan itu berantakan.”
Ini adalah keberanian Intelektual Page dan Brin yang menunjukkan dirinya untuk pertama kalinya dalam situasi yang kompetitif. Pasangan ini percaya-tahu-bahwa mereka memiliki cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu dan oleh karena itu mereka tidak memikirkan pergi ke perusahaan pencari yang mapan dan mengatakan bahwa produk mereka saat ini tersedot. Kecerobohan ini memiliki efek menghina Excite. Excite adalah perusahaan yang didirikan oleh ilmuwan komputer Stanford yang brilian. “Kami memiliki ratusan insinyur pada saat itu,” Bell menunjukkan. Mengapa perusahaan harus mencocokkan insinyur mereka hanya karena dua insinyur lain telah datang bersama dengan klaim untuk menjadi lebih cemerlang? Bell mengklaim bahwa tidak mungkin dia bisa membenarkan keahliannya saat ini, terutama ketika beberapa dari mereka adalah pendiri perusahaan tersebut. “Akhirnya saya tidak bisa mengurangi risiko budaya yang dituntut Larry,” kata Bell.
Tapi jika Page dan Brin yakin hampir sampai pada titik sombong, mereka pasti punya banyak data untuk mendukung kekejaman mereka. Untuk menyempurnakan algoritme mereka, pasangan ini membutuhkan banyak umpan balik dunia nyata. Jadi, mulai tahun 1997, mereka telah membuat mesin pencari tersedia, pertama di jaringan Stanford, dan kemudian ke masyarakat umum. Tidak ada kabar dari mulut ke mulut, layanan ini semakin jarang populer, melayani lebih dari sepuluh ribu kueri per hari pada akhir tahun 1998. Page dan Brin memonitor log server dan membuat tweak ke sistem mereka berdasarkan data yang diberikan.
Mereka menamai layanan Google, sebuah permainan kata “googol,” yang merupakan 1, diikuti oleh 100 angka nol. Idenya adalah untuk menyarankan agar mesin pencari mereka menangkap keseluruhan web, segala sesuatu yang ada. “Nama itu mencerminkan skala dari apa yang kita lakukan,” kata Brin kemudian. Googol.com tidak tersedia, jadi Google.com menjadi url pelayanan publik.
GOOGLE’S FOUNDING
Popularitas layanan ini, dikombinasikan dengan sumber daya komputasi yang besar yang dimakan oleh spidering dan pengindeksan dan pembuatan katalog halaman web yang dibutuhkannya berarti bahwa proyek Google dengan cepat berkembang pesat dari lingkup proyek penelitian sederhana. Bahkan saat disimpan di satu mesin di kamar asrama Stanford, Google memonopoli sejumlah besar bandwidth Universitas. Stanford, seperti biasa, sangat akomodatif terhadap gagasan yang lahir di dalam dindingnya, tapi kemurahan hati institusi itu memiliki langit-langit yang praktis dan jelas.
“Kami beruntung ada banyak orang berpandangan ke depan di Stanford,” kata Page kemudian. “Mereka tidak terlalu merepotkan kita tentang sumber daya yang kita gunakan.” Tapi jelas bahwa jika mereka ingin eksperimen Google berlanjut, Page dan Brin akan membutuhkan lebih banyak sumber daya. Lebih banyak komputer, lebih banyak bandwidth, lebih banyak orang yang mengerjakan algoritme ini-ini berarti lebih banyak uang daripada anggaran penelitian, bahkan yang murah hati pun, bisa diberikan.
Jadi pasangan itu beralih ke penasihat fakultas Stanford lainnya bernama David Cheriton. Cheriton memperkenalkan pasangan tersebut kepada Andy Bechtolsheim, seorang pengusaha sukses yang telah mendirikan Sun Microsystems sementara juga seorang mahasiswa PHD di Stanford. Suatu pagi di akhir tahun 1998, Page dan Brin bertemu Bechtolsheim di rumah Cheriton. “David membawa laptop di beranda rumahnya di Palo Alto, dengan koneksi Ethernet,” Page akan menceritakan pertemuan tersebut. “Kami melakukan demo, dan Andy banyak bertanya kepada kami. [Kemudian] dia berkata, ‘Saya tidak ingin membuang waktu. Saya yakin ini akan membantu kalian jika saya menulis cek. ‘”
Bechtolsheim membuat cek senilai $ 100.000 atas nama Google Inc. Cek itu ada di kamar kos selama beberapa minggu sebelum Google Inc. secara resmi didirikan pada tanggal 7 September 1998. Page dan Brin akan mengumpulkan tambahan $ 1 juta saat David Cheriton menendang sejumlah uang, juga beberapa orang lainnya, termasuk mantan eksekutif Netscape Ram Shriram dan Jeff Bezos dari Amazon.
Penyetoran cek Bechtolsheim adalah tindakan yang mengubah Google dari sebuah proyek penelitian menjadi sebuah startup. Ketika Page dan Brin mempekerjakan seorang rekan siswa bernama Craig Silverstein untuk menjadi karyawan pertama Google, mereka menyadari bahwa kamar asrama Sergey tidak akan cukup besar sehingga mereka bisa bekerja sama. Jadi, kantor resmi pertama Google menjadi garasi Susan Wojcicki dan Dennis Troper di 232 Santa Margarita Ave. di Menlo Park. Dengan menyewakan garasinya seharga $ 1700 per bulan, Wojcicki akan memberi hadiah kepada Google Lembah Silicon yang unik yang menyombongkan diri untuk memulai hidupnya dalam situasi yang sama dengan perusahaan mulai dari Hewlett-Packard sampai Apple. Dalam tawar-menawar, Wojcicki akhirnya akan berakhir sebagai salah satu karyawan Google yang paling awal dan terlama, dan adiknya Anne akhirnya akan menjadi istri Sergey Brin.
Halaman dan sekarang Brin adalah pengusaha, jika mungkin masih sedikit enggan. Tapi mereka bukan pengusaha dalam cetakan begitu banyak lainnya di era dotcom. Alih-alih meniup dana Google pada pesta peluncuran atau kampanye pemasaran yang mewah, mereka tetap menjadi mahasiswa pascasarjana, dan sebaliknya menginvestasikan semua uang yang mereka hasilkan untuk melanjutkan proyek mereka.
Dan mereka melakukannya dengan efisiensi insinyur. Alih-alih membangun sistem mereka dengan membeli perangkat lunak dari Microsoft, mereka menggunakan sistem operasi Linux gratis. Alih-alih mengeluarkan $ 800.000 untuk instalasi IBM atau Oracle, mereka menghabiskan hanya $ 250.000 untuk mengumpulkan sekumpulan 88 komputer untuk memenuhi kebutuhan pemangkasan nomor mereka. Di Stanford mereka mengemis, meminjam, dan hampir secara harfiah mencuri komputer yang mereka butuhkan untuk menjaga agar Google tetap berjalan. Sekarang, mereka hanya beralih untuk membeli komputer dari rak dari Fry’s, toko elektronik Silicon Valley yang terkenal, dan membentuknya menjadi sistem desain mereka sendiri. Mereka bahkan menuliskan gagasan meja tulis dari Amazon, sebagian karena mereka menyukai fakta bahwa lubang di kayu tempat kenop pintu biasanya pergi adalah tempat yang berguna untuk memasang kabel komputer.
Bagian dari ini adalah berhemat sederhana, kebiasaan yang akan melayaninya dengan baik saat gelembung dotcom meledak dalam beberapa tahun saja. Tapi banyak dari itu adalah filosofi Montessori Page dan Brin: mereka tidak pernah bertemu dengan masalah rekayasa yang tidak dapat mereka selesaikan sendiri. Google tidak mengambil halaman dari buku pedoman Silicon Valley yang mapan karena, di satu sisi, mereka tidak pernah membelinya. Mereka tidak mencoba untuk mendapatkan Big Fast. Sebagai gantinya, Page dan Brin hampir secara teknologis berfokus pada tanpa henti mengulangi dan memperbaiki Gagasan Besar mereka, memastikan bahwa itu adalah mesin pencari yang paling komprehensif, andal dan paling penting-cepat di dunia.
Tidak ada yang dilakukan Google di tahun-tahun pertamanya mengalihkan perhatian perusahaan dari peningkatan produk utamanya. Dan lebih dari sekedar keangkuhan, kepercayaan diri ini bahwa mereka bisa melakukan segalanya dengan lebih baik, di tahun-tahun depan, menjadi semacam saus rahasia Google. Tidak hanya mesin pencari Google yang terus unggul dari saingan manapun, tapi perlahan-lahan melebar antara versi pencarian dan kompetisi. Dengan memiliki kepercayaan diri untuk melakukan segala cara mereka, Page dan Brin dapat mencatat takdir mereka sendiri. Dan berhemat mereka terbayar dalam efisiensi. Beberapa pengamat memperkirakan bahwa “untuk setiap dolar yang dikeluarkan, Google memiliki daya komputasi tiga kali lebih banyak daripada pesaingnya.”
Berhemat dan efisiensi tidak hanya kebajikan, mereka juga pembeda filosofis dan estetik. Halaman muka Google hanyalah logo Google, kolom teks untuk memasukkan kueri penelusuran, tombol pencarian untuk mengeksekusi kueri dan tombol yang bertuliskan, “Saya merasa beruntung” yang secara otomatis membawa Anda ke hasil pertama. Jika Anda pergi ke halaman hasil pencarian, Anda hanya punya daftar link. Dan begitulah. Tidak ada iklan, tidak ada spanduk, tidak ada cuaca, tidak ada harga saham, tidak ada horoskop. Semua sisa google hanyalah ruang putih yang banyak. Di zaman portal, setiap situs pencarian lainnya adalah lautan gangguan yang dimaksudkan untuk menjauhkan Anda dari, Anda tahu, sampai ke halaman yang Anda cari, Google sangat menonjol dari keramaian dengan tujuan dan kesederhanaannya yang satu-satunya.
Tentu saja, kesederhanaan itu sepenuhnya disengaja. Dengan menjaga halaman agar hampir secara eksklusif teks, Page dan Brin bisa memastikannya dimuat lebih cepat daripada halaman pencarian pesaing mereka; dan daya proses yang mahal pun tak terbuang loading graphics. Ini semua membayarkan dividen berkali-kali dalam pertumbuhan mantap Google.
Pada tahun 1999, penggunaan mesin pencari meningkat sebanyak 50 persen per bulan. Dari 100.000 pencarian sehari pada awal tahun itu, pada akhir tahun 1999, Google rata-rata menghasilkan tujuh juta pencarian per hari. Secara keseluruhan lalu lintas ke beranda Google adalah kacang dibandingkan dengan jumlah situs seperti Yahoo yang menarik ke bawah, namun dalam kasus Google, penggunanya hanya datang dari mulut ke mulut saja. Tidak ada sepeser pun yang dihabiskan untuk pemasaran atau promosi.
Rave review dari media terus mengarahkan orang ke layanan. New Yorker mengatakan Google adalah “mesin pencari default dari digital in-crowd.” Time Digital mengatakan: “Google adalah untuk pesaingnya sebagai laser adalah tongkat tumpul.” Dan pengguna biasa hanya saling bercerita tentang betapa hebatnya dan Google berguna. Lebih sering daripada tidak, begitu mereka mencobanya, pengguna akan menjadi Google yang bertobat seumur hidup.
Sebuah artikel awal di majalah Google in Fortune dari bulan November tahun 1999 menyimpulkan pengalaman pengguna baru. Menggambarkan situs itu sebagai “keajaiban yang tak dapat ditebak,” wartawan David Kirkpatrick menawarkan anekdot ini. “Pada hari pertandingan playoff Liga Amerika baru-baru ini, saya mengetik ‘New York Yankees 1999 playoff’ ke Google dan Alta Vista. Daftar pertama di Google membawa saya langsung ke data tentang game malam itu. Dua yang pertama di Alta Vista terhubung dengan info tentang Seri Dunia 1998. Hanya di link Alta Vista ketiga, melalui link tambahan, apakah saya sampai pada pertandingan hari itu. “Kesimpulan Kirkpatrick:” Google benar-benar bekerja. ”
Dalam artikel yang sama, Sergey Brin dikutip membual, “Kami sedang membangun sebuah cara untuk mencari pengetahuan manusia.” Sekali lagi, ada kepercayaan tak kenal takut akan gagasan yang telah dijalin Page dan Brin. Kini hal tersebut membentuk ruang lingkup ambisi Google sebagai perusahaan muda.
Kecerobohan yang sama terus memanifestasikan dirinya saat Google perlu mengumpulkan lebih banyak uang. Jika Google bermaksud mengatur semua informasi di dunia, Google akan membutuhkan sumber daya dalam skala industri. Terlepas dari banyaknya perusahaan pencari yang sudah ada di pasaran, Google mendapat perhatian dari pemodal ventura, dan mereka siap untuk berinvestasi pada para pengungsi ini dari kalangan akademisi. Tapi, sangat percaya diri seperti sebelumnya, Page dan Brin melepaskan kesan bahwa mereka tidak membutuhkan bantuan atau uang siapa pun.
Dalam pertemuan dengan pendukung potensial, pasangan tersebut menolak untuk mengungkapkan detail dasar tentang bagaimana layanan mereka beroperasi. Stonewalling mereka bahkan membuat orang menonjol keluar dari kantor mereka dalam kemarahan. “Larry dan Sergey tidak memiliki bahasa untuk mengatakannya dengan baik,” kenang Salar Kamangar, seorang karyawan awal yang memberi kesaksian tentang penghindaran umum Google selama proses penggalangan dana. “Mereka akan bersikap tumpul dan berkata, ‘Kami tidak bisa memberi tahu Anda.’ Dan VC akan sangat frustrasi.”
Sebenarnya, Page dan Brin tidak mau mengambil uang dari VC lama manapun. Mereka hanya menginginkan yang terbaik. Jadi, mereka mengulurkan tangan ke dua perusahaan VC yang paling menonjol di dunia: Kleiner Perkins dan Sequoia Capital. Pasangan tersebut mengusulkan agar setiap perusahaan, chip biru usaha Silicon Valley, mengambil saham yang sama besarnya di Google. Hal seperti itu biasanya tidak dilakukan; biasanya ada satu investor “prospek” dalam putaran pembiayaan awal dan kedua KP dan Sequoia memiliki pengaruh yang kuat atas keputusan mereka sendiri bahwa mereka sebelumnya tidak pernah berkedudukan untuk berbagi sorotan dengan perusahaan lain.
Page dan Brin ingin perusahaan-perusahaan tersebut membagi ronde tersebut karena hal itu akan memungkinkan mereka, sebagai pendiri, untuk mempertahankan bagian mayoritas di perusahaan tersebut, dan dengan demikian mempertahankan kendali atas takdir mereka sendiri. Mereka bahkan memiliki keberanian untuk mengeluarkan ultimatum: setiap perusahaan akan menginvestasikan $ 12,5 juta di Google, dengan total $ 25 juta, take-it-or-leave-it. Pada tanggal 7 Juni 1999, VC mengambil kesepakatan, dan Kleiner John Doerr dan Mike Mortiz dari Sequoia bergabung dengan dewan direksi Google. Satu-satunya konsesi yang bisa dibeli oleh orang-orang uang dari Page dan Brin adalah janji untuk mempekerjakan beberapa “pengawasan orang dewasa” yang berpengalaman untuk diangkat sebagai CEO perusahaan pada suatu waktu dalam waktu dekat.
Pembiayaan besar ini tidak hanya menempatkan Google dengan kuat di peta dunia teknologi, namun juga jauh untuk memastikan kelangsungan hidup perusahaan jangka panjang. Uang perang perang ini, yang datang tepat sebelum gelembung Dotcom meledak, dikombinasikan dengan cara hemat Larry dan Sergey, berarti Google akan bertahan dalam musim dingin nuklir yang akan datang. Seandainya Google menunggu satu tahun lagi untuk mengumpulkan uang, mungkin saja itu tidak mungkin berhasil.
Dan karena disiram dengan uang tunai saat sisa Silicon Valley nampaknya mulai perutnya, Google dapat memilih bakat saat PHK dimulai. Sama seperti hemat saat orang lain bersikap boros, Google juga melawan kebiasaan dotcom yang berlaku saat mempekerjakan karyawan. Perusahaan menunda pembuatan strategi penjualan dan pemasaran orang sampai lama kemudian. Sebagai gantinya, pada tahun 1999 dan 2000, Google bekerja sama dengan – apa lagi? -brainiacs. Larry dan Sergey menyewa insinyur perangkat lunak, insinyur perangkat keras, insinyur jaringan, matematikawan, bahkan ahli bedah saraf.
Sama seperti setiap aspek lain dari perusahaan mereka, Page dan Brin hanya menginginkan yang terbaik. Mereka menginginkan PHD dan ilmuwan. Google akan menjadi terkenal karena cara yang ketat untuk mewawancarai dan menyaring calon karyawan potensial – dan untuk selektifitasnya yang tepat. Selama bertahun-tahun, setiap karyawan baru diperiksa secara pribadi oleh Brin dan Page sendiri, yang mengharapkan kandidat untuk menyesuaikan diri dengan standar intelektual mereka sendiri. “Kami baru saja mempekerjakan orang seperti kami,” kata Page, tanpa sedikit kerendahan hati.
Google mampu menarik bakat karena tak kekurangan kekasih di Silicon Valley. Inilah perusahaan Internet yang telah memecahkan masalah yang diakui secara universal melalui pemikiran cerdas saja. Hal ini menciptakan halo reputasi yang hanya diperkuat oleh pemberitaan misi Google Larry dan Sergey yang semakin berani dan umum, yang akhirnya diformalkan sebagai upaya “untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal.” Meskipun begitu banyak perusahaan dotcom mengklaim untuk mengubah dunia dengan menawarkan makanan anjing murah secara online, inilah sebuah perusahaan yang benar-benar tampak revolusioner dalam arti kata yang paling luas.
“Akhirnya saya melihat Google sebagai cara untuk menambah otak Anda dengan pengetahuan dunia,” kata Sergey Brin. Ini membantu Google memposisikan dirinya sebagai startup anti-dotcom. Glitz, hype dan kelebihannya habis; berhemat, kerja keras dan kesungguhan masuk. Dan ketika Google menemukan moto yang terkenal (“Jangan jahat”). Semua orang yang membaca teknologi dan percaya bahwa Google mempertaruhkan klaim sebagai anti-Microsoft.
Google memang mengambil beberapa kebiasaan dari saudara-saudara dotcom-nya, namun dengan gaya khas Larry dan Sergey, hal itu terjadi dengan sebuah twist. Pada saat Google beralih ke penggalian pertama yang benar-benar profesional – sebuah taman kantor di Mountain View yang akan dijuluki “Googleplex” – sebuah sistem tunjangan untuk pekerja Google telah diberlakukan, namun barang-barang ini dilekatkan pada produktivitas. Makanan di kafetaria selalu gratis, dengan koki gourmet in-house; jalur bus pribadi menjemput pekerja dari sekitar lembah untuk mengantar mereka ke tempat kerja; masseuses berkeliaran di lorong; Ada kelas kebugaran gratis dan gym; dan seterusnya. Tapi semua fasilitas ini secara sadar disediakan sebagai cara untuk membuat pekerja tetap termotivasi dan produktif. Kafetaria gratis berarti bahwa karyawan Google tidak harus meninggalkan kantor di tengah hari dan bisa kembali bekerja dengan mudah. Di warung kamar mandi ada kuis dan tip pengkodean untuk membantu orang tetap tajam. Bus antar jemput memiliki wifi pada mereka, sehingga karyawan bisa menjadi produktif dalam perjalanan ke dan dari Googleplex. Pekerja yang sehat dan jernih bisa melakukan pengkodean yang lebih baik, atau begitulah pemikirannya.
Semua ini dikombinasikan untuk menjadikan Google perusahaan teknologi untuk bergabung dengan benar saat gelembung dotcom meledak. Jika Anda dipekerjakan di Google, ini menimbulkan rasa iri dari teman sebayamu bukan hanya karena mereka merasa melakukan pekerjaan yang paling menarik dalam teknologi, tapi karena itu berarti Anda termasuk yang terbaik dan paling cerdas. Siapa pun bisa dipekerjakan di sebuah dotcom menjelang akhir dekade ini. Tapi tidak semua orang-bahkan yang paling pintar sekalipun-bisa membuat keputusan di Google. Dan ketika gelembung itu pecah dan tampaknya satu-satunya perusahaan yang masih mempekerjakannya, rasanya seperti mimpi 90-an yang hidup di Googleplex.
RENCANA BISNIS
Ada satu sifat penting yang dibagikan Google dengan dotcom: tidak menghasilkan banyak uang. Ini agak terlupakan, mengingat apa yang akan terjadi nanti, tapi Google ada selama beberapa tahun tanpa banyak rencana bisnis. Visi Larry dan Sergey telah menjual para kapitalis Ventura karena melibatkan strategi tiga cabang. Pertama, Google akan melisensikan teknologi pencariannya ke portal utama. Kedua, perusahaan akan menjual teknologi pencariannya sebagai produk ke perusahaan. Dan ketiga, ada beberapa janji samar tentang menjual iklan terhadap pencarian di situsnya sendiri.
Perusahaan muda membuat kemajuan besar menuju tujuan pertama dengan akhirnya meyakinkan beberapa portal untuk menggunakan hasil Google di halaman pencarian mereka. Kesepakatan pertama diserang dengan Netscape untuk portal Netcenter-nya, namun kudeta yang sangat besar terjadi saat Yahoo akhirnya yakin untuk menggunakan Google untuk hasil pencariannya (sebelumnya, sebuah perusahaan bernama Inktomi telah menjadi mitra pencarian Yahoo). Kemitraan dengan Yahoo diumumkan pada bulan Juni 2000, dan merupakan kesepakatan besar bagi Google pada saat itu. Bagian dari pengaturan diperbolehkan untuk logo “didukung oleh Google” untuk muncul di halaman pencarian Yahoo, sehingga mengenalkan merek Google kepada jutaan pengguna web mainstream lainnya. Pencarian harian yang dilayani oleh Google membengkak dari 18 juta sehari sebelum kesepakatan Yahoo, menjadi 60 juta sehari setelahnya. Pada awal tahun 2001, Google akan melewati 100 juta pencarian per hari tonggak sejarah, menjawab 1.000 kueri per detik. Yahoo sepertinya tidak keberatan bahwa Google pada dasarnya merampas pencari suaranya karena pada saat itu rasanya tidak merasa pencarian adalah produk inti. Itu masih mengejar strategi portalnya. Namun, Yahoo membeli saham ekuitas $ 10 juta di mitra barunya, sehingga mengikat kedua perusahaan tersebut secara erat dengan cara-cara yang kemudian menjadi penting.
Apa yang tidak diketahui Yahoo adalah seberapa penting kemitraan tersebut bagi produk Google secara keseluruhan. Ingat bahwa algoritme Google meningkat dalam kaitan langsung dengan jumlah penelusuran yang dilakukan dan jumlah data yang dapat dihilangkan komputer Google. Banjir pertanyaan dari Yahoo tidak hanya membawa Google ke tingkat berikutnya dalam hal pangsa pasar pencarian, namun banyak insinyur Google kemudian akan memberi kredit pada lalu lintas Yahoo untuk menyempurnakan mesin pencari Google ke dalam status matangnya. Google pada dasarnya memperbaiki diri di belakang mitra terbesarnya.
Tapi masalah bagi Google adalah bahwa kesepakatan Yahoo tidak cukup menguntungkan. Biaya yang dibekukan Yahoo hampir tidak cukup untuk menutupi peningkatan biaya pemrosesan dan bandwidth yang dikeluarkan Google untuk melayani lalu lintas. Kesepakatan Yahoo mengajari Google bahwa perizinan saja tidak akan menjadi rumah yang cukup besar untuk membangun perusahaan sekitar-atau setidaknya, bukan perusahaan yang sangat besar.
Kaki kedua tinja strategi asli Google terbukti sedikit lebih baik. Google menghasilkan perangkat keras yang sebenarnya, yang dikenal sebagai Google Search Appliance, yang merupakan kotak rak yang dipasang untuk dipasang di pusat data perusahaan. Ini dirancang untuk menyediakan perusahaan dan organisasi lain dengan sejumlah besar data kemampuan untuk mengatur, mengindeks dan mencari data dengan cara yang sama seperti Google dengan web. Namun meski Google terus memproduksi Search Appliance hingga 2017, hal itu tidak pernah terbukti menjadi hit pelarian.
Faktanya, pada akhir tahun 2000, Google mengalami sedikit krisis. Dengan biaya bulanan lebih dari $ 500.000, $ 25 juta dari Kleiner Perkins dan Sequoia mulai menurun saat Google meluncurkan versi internasional dari situs webnya dan terus mempekerjakan, menghitung jumlah total head 100 hari terakhir. “Ada periode di mana banyak hal terlihat cantik. suram, “anggota dewan Google dan investor Mike Moritz mengakui nanti. “Kami membakar uang, dan perusahaan itu menolak kami. Lisensi besar sangat sulit dinegosiasikan. “Dan karena Google belum mendapatkan sepeser pun dari 70 juta pencarian setiap hari yang didapatkannya di situsnya sendiri, pada bulan Januari 2001, pertumbuhan Google yang tidak terkendali benar-benar menjadi masalah. Sementara layanan menjadi sangat populer sehingga namanya sekarang menjadi kata kerja umum, tidak ada lini bisnis yang sesuai yang memperoleh cukup daya tarik untuk menutupi biaya semua analisis, penjarahan, pengindeksan dan rangking. “Ada kekhawatiran yang tulus (di tingkat dewan) tentang dari mana pendapatan akan berasal,” kata mantan investor Google Ram Shiram. Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, tampaknya ada penyumbang usaha Google bahwa pendiri perusahaan tersebut mengingkari komitmen mereka untuk menghadirkan CEO “dewasa”. Jika Page dan Brin tidak merekrut seseorang yang bisa mengubah Google menjadi perusahaan nyata dengan prospek nyata menghasilkan uang, ada kabar gembira bahwa Kleiner atau Sequoia (atau keduanya) mungkin menarik keluar dari investasi tersebut.
Tentu saja, iklan, kaki ketiga model bisnis teoretis Google masih menjadi pilihan, namun di awal tahun 2001, model periklanan iklan lempar banner yang ada di bagian atas setiap halaman web telah dilemparkan. Iklan web pada umumnya berada dalam pembekuan yang dalam, pasar iklan online secara keseluruhan terjun ke $ 6 miliar pada tahun 2002, turun dari $ 8,2 miliar pada tahun 2000. Semua portal yang masih bertahan menderita karena keadaan ini. Di tengah terjunnya harga sahamnya, mitra Google yang sebelumnya, Yahoo terpaksa menurunkan panduan pendapatannya ke Wall Street sebesar 25% dua kali dalam satu kuartal saat dotcom tersebut bangkrut dan pengiklan menyumbang 50% lebih sedikit untuk iklan online.
Jadi, iklan tidak terlihat sangat menjanjikan. Tapi kemudian, Google tidak pernah benar-benar bereksperimen dengan iklan pada saat itu karena pendiri perusahaan benar-benar menentang gagasan tersebut. Dalam makalah akademis 1998 yang memperkenalkan Backrub / PageRank, Page dan Brin telah menyerang gagasan tentang perusahaan pencarian yang mengandalkan iklan untuk menghasilkan pendapatan karena membuat mereka “secara inheren bias terhadap pengiklan dan jauh dari kebutuhan konsumen.” Dengan kata lain , iklan dijamin hasil pencariannya buruk.
Tapi pada saat krisis itu, sebuah revolusi dalam periklanan online sedang berlangsung yang pada akhirnya akan membuktikan bahwa Google adalah penyelamat.
GOTO AND OVERTURE
Pada akhir 1990-an, ada mode singkat untuk apa yang dikenal sebagai inkubator, semacam “pabrik startup” yang mengaduk gagasan bisnis dan rencana bisnis dengan harapan dapat meluncurkan perusahaan baru dalam skala industri. Seringkali inkubator ini tidak memiliki pendapatan yang berarti, alih-alih mengandalkan nilai saham yang mereka pegang saat keturunan mereka go public. Salah satu inkubator tersebut adalah Idealab, yang didirikan oleh pengusaha teknologi serial Bill Gross. Idealab bertanggung jawab atas banyak perusahaan dotcom klasik seperti eToys.com, PetSmart.com dan NetZero, namun sejauh ini kesuksesan terbesar yang dimiliki Idealab adalah saat bereksperimen untuk mencari.
Diluncurkan pada konferensi TED pada bulan Februari 1998, GoTo.com adalah perusahaan yang dibuat oleh Gross dan Idealab sebagai mesin pencari yang sama sekali baru. Alih-alih hasil pencarian yang dihasilkan oleh spidering web dan halaman kembali berdasarkan algoritma, GoTo mengembalikan hasil yang hampir secara eksklusif diberikan oleh sponsor. GoTo menyajikan iklan teks, dirancang agar terlihat seperti hasil penelusuran, namun dibayar oleh pengiklan yang mengajukan tawaran untuk posisi. Jadi, untuk kata kunci tertentu, perusahaan bisa setuju untuk membayar berapa pun biaya untuk menentukan peringkat pertama untuk istilah pencarian itu. Jika Anda ingin muncul pertama kali dalam pencarian “bunga”, Anda bisa menawar, katakanlah, sepuluh sen per klik. Jika seseorang mengajukan tawaran tujuh sen, mereka terdaftar kedua. Penawaran nikel mungkin bisa memberi Anda tempat ketiga, dan seterusnya. Jika Anda ingin menjadi gila dan menawar $ 100 per klik, secara teoritis Anda bisa menentukan peringkat # 1 untuk setiap istilah penelusuran yang ada.
Gagasan tentang mesin “pencarian” yang hanya menghasilkan iklan yang sangat tidak menyenangkan; Memang, Gross hampir mendesis dari panggung TED selama presentasinya. Tapi pengiklan menyukai gagasan itu, dan mendaftar berbondong-bondong karena mereka dengan cepat mengintip hal penting pertama yang dipelopori Goto: mencari sebagai alat yang sangat berharga untuk mendorong perdagangan. Bill Gross telah menemukan salah satu model periklanan terbesar dalam sejarah dunia karena pencarian berbayar merupakan titik perhubungan unik yang unik bagi pengiklan untuk dimasukkan ke dalamnya. Tidak ada pengguna yang menggunakan mesin pencari agar dia tidak benar-benar menemukan sesuatu. Anda tidak melakukan pencarian seperti “hotel di Marietta Georgia” tanpa setidaknya beberapa minat dalam memesan hotel di kota itu dalam waktu dekat. Pembeli iklan tidak perlu mencoba menebak di mana calon pelanggan untuk produk mereka mungkin-pelanggan mendatangi mereka. Pengiklan merek tidak perlu mengejar konsumen … mencoba membuat kesan yang berarti di benak mereka … dan kemudian berharap kesan itu bertahan saat akhirnya tiba saatnya konsumen berbelanja. Beriklan di sekitar pencarian memungkinkan pemasar untuk menjangkau konsumen pada titik intensionalitas, pada saat mereka berdua melakukan riset untuk membeli atau benar-benar ingin membeli. Rasanya seperti mengiklankan produk tepat saat konsumen berjalan di pintu toko.
Perhatikan bahwa komponen penting dari keseluruhan proses ini adalah kemampuan untuk “membayar per klik” – berlawanan dengan pembayaran berdasarkan jumlah orang yang (secara teoritis) melihat iklan Anda, seperti yang dilakukan pengiklan online lainnya di era dotcom. Ini adalah inovasi kunci kedua: dengan model Goto, pengiklan hanya “dibayar untuk kinerja.” Jika tidak ada yang mengklik iklan Anda, Anda tidak membayar apa pun. Ini adalah pilihan yang radikal namun sangat menarik pada saat rasio klik per tayang pada iklan banner terjungkal. Klik adalah tindakan. Tindakan terukur. Pengiklan akan tahu bahwa (sebagai contohnya) 200 orang mengklik iklan mereka kemarin dan 17 klik tersebut berubah menjadi penjualan. Efektivitas periklanan biaya per klik dapat dihitung hingga sen terdekat. Lupakan kutipan John Wannamaker tentang bertanya-tanya bagian mana dari pengeluaran iklan yang terbuang sia-sia. Dengan model GoTo, tidak ada yang terbuang. Anda tahu persis apa yang berhasil dan mana yang tidak, dan bisa melakukan penyesuaian sesuai dengan itu.
Kotor itu dimaksudkan agar GoTo menjadi tujuan belanja, sehingga menjadi tegang nama aktif. Namun, meskipun pengiklan dengan penuh semangat mendaftar untuk menjajakan barang dagangan mereka, konsumen tidak mengikuti, setidaknya, bukan dalam jumlah yang menyaingi portal. Tidak terpengaruh, Gross memiliki ide cemerlang untuk mengejar lalu lintas yang dibutuhkannya. GoTo mendekati hampir semua portal dan mesin telusur yang ada dan menawari mereka pada dasarnya adalah uang gratis: GoTo akan “menggabungkan” hasil pencarian berbayarnya sehingga hampir semua kata kunci di situs seperti AOL Search, tiga atau empat hasil pertama adalah GoTo’s teks link yang, meskipun mereka tampak seperti hasil pencarian lainnya, sebenarnya akan menjadi iklan. Ketika pencari mengeklik tautan berbayar ini, Goto akan membagikan pendapatan iklan dengan portal tersebut, sehingga dengan segera memonetisasi lalu lintas penelusuran yang, sampai saat itu, secara tidak langsung telah dimonetisasi dalam bentuk iklan banner.
GoTo berhasil menandatangani kesepakatan dengan semua portal utama, dan saat terkena stroke, mengalihkan pencarian-yang telah menjadi pemimpin yang kehilangan portal sepanjang tahun 90an-menjadi sapi perah. Pada tahun 2002 GoTo telah mengubah namanya menjadi Overture untuk lebih mencerminkan model bisnis sebenarnya untuk mengenalkan pelanggan kepada pengiklan, dan menghasilkan lebih dari $ 78 juta dolar setahun pada pendapatan $ 668 juta – semuanya dari klik berbayar yang disindikasikan kepada orang seperti Yahoo, AOL dan MSN. Overture menyimpan portal dengan memperbaiki kelemahan mendasar dalam model bisnis mereka. Portal bermunculan di tempat pertama karena mereka harus “lengket.” Tak satu pun dari situs pencarian awal bisa menghasilkan uang saat mereka mengirim pengguna ke web, jadi mereka mencoba menimbun bola mata dan menyimpannya di tempat, di agar membuat tayangan untuk iklan banner. Tapi sekarang, mengklik dirinya sendiri akhirnya bernilai sesuatu. Seperti yang dikatakan oleh penulis John Battelle, Overture bisa menghasilkan miliaran dolar, satu klik, satu nikel sekaligus.
Overture datang pada saat yang sangat tepat untuk Internet. Seiring gelembung meledak dan pasar iklan kawah, penelusuran berbayar masuk ke pelanggaran untuk mengganti pendapatan yang hilang dari semua pengiklan dotcom yang bangkrut. Dalam kasus Yahoo, pada musim panas 2002, tautan berbayar yang didapatnya dari Overture menyumbang lebih dari 10% dari pendapatan portal yang sedang sakit, dan hampir semua keuntungannya berkurang. Bukanlah berlebihan untuk mengatakan bahwa Overture dan pencarian berbayar berhasil menyelamatkan portal dan industri pencarian secara umum.
THE EVOLUTION OF ADWORDS
Cukup ceroboh bagi Google, sekarang ada model periklanan baru yang sangat menguntungkan yang bisa disalinnya, dan lebih dari itu, bentuk iklan baru ini telah membuktikan nilai besar dari produk inti Google: pencarian. Tapi karena Larry dan Sergey tidak pernah memenuhi gagasan yang menurut mereka tidak dapat mereka perbaiki, Google tidak tertarik untuk hanya menyalin model bisnis Overture. Jika Google akan memiliki iklan, iklan harus lebih baik daripada iklan tradisional; mereka harus berguna.
Percobaan pertama Google dengan periklanan datang pada bulan Januari 2000 ketika mulai menampilkan teks yang tidak mencolok di atas kata kunci tertentu. Teks tentu saja merupakan media yang disukai Google daripada spanduk yang mencolok, namun iklannya tetap dihargai seperti iklan banner, pada BPS tradisional, model biaya per tayangan. Pengiklan membayar $ 15 per seribu tayangan untuk menjadi link pertama yang terdaftar, $ 12 per seribu untuk yang kedua, dan $ 10 per seribu untuk yang ketiga. Dipromosikan melalui tenaga penjualan kecil yang berbasis di New York yang dipimpin oleh Tim Armstrong, seorang eksekutif iklan digital yang dirahasiakan yang direkrut dari upaya online era dotcom Disney, pada awalnya, iklan Google hanya menarik 350 pengiklan untuk berpartisipasi. Tapi Page dan Brin tidak menginginkan tim penjualan, tentu saja, mereka menginginkan sesuatu yang lebih ilmiah, lebih otomatis. Mereka menyukai bagaimana orang bisa membeli iklan melalui Overture hanya dengan menggunakan formulir online. Jadi, pada bulan Oktober 2000, mereka meluncurkan apa yang mereka sebut AdWords, yang pengiklan mana pun, apa pun ukuran operasinya, dapat membeli secara online dalam hitungan menit, menggunakan kartu kredit sederhana.
Seperti yang telah ditemukan oleh Goto / Overture, pengiklan sangat ingin datang ke depan lalu lintas pencarian yang berkembang di Google, dan arus masuk pertama pengiklan AdWords mengakhiri masalah uang langsung Google dengan menghasilkan $ 85 juta pada tahun 2001. Namun, karena iklan tersebut tetap Berbasis BPS, pengiklan tetap membayar tayangan, bukan untuk klik aktual. Google kehilangan revolusi periklanan berbasis kinerja, dan itu menunjukkan. Pendapatan Overture di tahun 2001 adalah $ 288 juta, dan jumlah itu tumbuh lebih cepat dari pada Google. Jadi, pada bulan Februari 2002, Google meluncurkan versi baru Adwords yang meniru biaya per klik dan model penetapan harga lelang Overture. Tapi dengan gaya khas Google, kloning Overture-nya memiliki inovasi kunci yang membuat semua perbedaan di dunia ini.
Versi baru Adwords dikenai biaya per klik, dan pengiklan menawar iklan pesaing, namun sistem Google tidak benar-benar membayar untuk penempatan. Pernah terpikat dengan matematika dan kekuatan algoritme, Google memperkenalkan faktor peringkat baru yang penting untuk iklan yang disebutnya “Angka Mutu.” Intinya, sistem Google memperhitungkan jumlah pengiklan yang bersedia membayar per klik, sebagai tambahan seberapa sering iklan itu benar-benar diklik. Jadi setiap kali pencarian dijalankan dan hasil AdWords dihasilkan bersamaan dengan hasil pencarian, peringkat iklan akhirnya memperhitungkan seberapa relevan iklan sebenarnya. Hal ini mencegah pengiklan yang dalam-dalam namun pada akhirnya tidak relevan untuk mendominasi setiap kata kunci. Anda tidak bisa lagi menjamin untuk memberi peringkat tinggi hanya dengan bersedia membayar paling banyak. Iklan Anda juga harus diklik paling banyak agar bisa naik peringkat. Hampir kontra-intuitif, ini hasil dari pengiklan yang sukses sebenarnya membayar lebih sedikit per klik, namun peringkatnya lebih tinggi. Jika iklan Anda berkualitas baik, dan cenderung sering diklik, Adwords percaya bahwa itu lebih relevan untuk frasa penelusuran tersebut dan karena itu akan memberi peringkat lebih tinggi, meskipun Anda tidak menaikkan tawaran. Google melakukan ini karena tahu bahwa itu benar-benar bisa menghasilkan lebih banyak per pencarian dari waktu ke waktu ketika iklan diberi peringkat seperti ini. Seiring waktu, lebih banyak uang akan masuk dari iklan 5 sen, selama iklan itu diklik dua puluh lima kali-versus iklan dolar yang hanya pernah diklik sekali.
Dari perspektif pencari, keajaibannya adalah iklan itu terasa kurang menyebalkan, semakin relevan mereka. Sampai batas tertentu, Google AdWords mulai tampak hampir sama bermanfaatnya dengan hasil penelusuran organik untuk kata kunci tertentu, karena skor kualitas membuat mereka tetap terjerumus dengan permintaan asli pencari. Dan atas saran penasihat Google awal Yossi Vardi, sebagian besar Adwords muncul di sebelah kanan ketiga dari halaman hasil pencarian. Hal ini berakibat pada meningkatnya jumlah iklan yang dikirimkan per pencarian, sementara itu tampaknya membuat mereka kurang intrusif. Hasil pencarian organik asli masih memenuhi halaman utama halaman 2/3, murni dan tidak ternoda. Saat Google menjalankan eksperimen kontrol terbatas yang menunjukkan satu kelompok hasil pencari tanpa iklan, dan hasil pencarian grup lainnya dengan iklan tersebut, pengguna yang melihat iklan tersebut benar-benar mencari lebih banyak. Ini menjadi klasik, win-win-win: Google mulai menghasilkan lebih banyak uang per pencarian daripada Overture, pengiklan merasa mereka membayar lebih sedikit per klik sementara menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, dan pengguna merasa mendapatkan hasil pencarian tambahan, Bentuk iklan yang seringkali cukup bermanfaat.
Semalam, kekayaan Google ditransformasikan. Dipimpin oleh seorang karyawan baru bernama Sheryl Sandberg, Adwords menjadi sukses blockbuster yang selama ini dicari Google. “Kami baru mulai tumbuh,” kata Sandberg kemudian. “Ini berjalan dengan sangat baik.” Ini sangat membantu Google memiliki apa yang tidak dimiliki Overture: tujuan pencariannya sendiri yang diperdagangkan. Google tidak harus mengurangi transaksi sindikasi dengan portal lain untuk mendapatkan lalu lintas untuk iklannya, karena situs webnya sendiri telah melayani ratusan juta pencarian per hari. Itu tidak harus memotong kesepakatan, tapi tetap saja, terutama kemitraan blockbuster dengan AOL, yang diumumkan pada bulan Mei 2002. Google tidak hanya akan memberikan hasil pencarian organik ke AOL, namun juga melakukan pencarian hasil pencarian, mencuri bisnis dari Overture, yang sebelumnya telah menyediakan link berbayar AOL. Kesepakatan AOL berisiko, hanya beberapa bulan setelah AdWords didesain ulang, dan karena AOL menuntut puluhan juta dolar untuk pendapatan yang terjamin, apakah iklan tersebut berhasil melunasi Google atau tidak. “Kesepakatan AOL adalah taruhan yang sangat besar bagi perusahaan kami,” Brin mengakui kemudian. “Ada risiko nyata,” Susan Wojcicki ingat. “Kita bisa menghasilkan $ 40 juta untuk kesepakatan itu, atau kita bisa kehilangan $ 40 juta. [Pada saat itu] kami hanya memiliki $ 10 juta di bank. ”
Kesepakatan AOL ternyata menguntungkan, karena sistem AdWords otomatis Google terbukti mampu mengukur banjir lalu lintas baru dengan cukup baik. Tapi kalaupun tidak, Google masih memiliki semua lalu lintas ke beranda sendiri untuk kembali. 2002 akan menjadi tahun pertama yang menguntungkan Google, dengan penjualan $ 440 juta dan keuntungan $ 100 juta. Pada tahun 2003, keuntungan lebih dari $ 185 juta dan program Adwords dapat membanggakan lebih dari 100.000 pengiklan, semuanya tanpa kenaikan yang sepadan dalam jumlah tim penjualan Google karena keseluruhan sistem penjualan AdWords otomatis. Baru setahun kemudian, pendapatan Google akan mendekati satu miliar dolar, dan seperti yang diketahui Overture, Google mengetahui bahwa pemasaran pencarian lebih menguntungkan daripada iklan banner sebelumnya.
Dalam retrospeksi, masuk ke periklanan menjadi kekuatan terdalam Google. Bagi perusahaan yang penuh dengan kutu buku alpha yang terobsesi data, iklan menyediakan ekosistem baru yang rumit untuk memecahkan masalah matematika yang rumit. Janji asli iklan web selalu mengubah pemasaran menjadi sains yang tepat – untuk dapat menggali dan mengidentifikasi calon pelanggan Anda dengan cara yang tepat dan pasti, lalu menargetkannya secara efektif. Janji asli ini telah meraba-raba ketika, selama era dotcom, pengiklan web telah mengambil model periklanan BPM berabad-abad dari media lama, dan memperbaruinya untuk web. Beberapa perusahaan periklanan awal, seperti DoubleClick adalah perintis metode pengukuran dan penargetan baru, namun Google mengambil alih, perusahaan yang terobsesi dengan data, terobsesi dengan metrik, untuk benar-benar membawa ilmu periklanan ke abad kedua puluh satu.
Mungkin itu membantu Google tidak memiliki pengalaman sebelumnya dengan iklan. Tidak tahu apa yang seharusnya tidak dilakukan. Google memandang periklanan hanya sebagai masalah lain yang bisa diatasi algoritma pintar. Memang, melayani iklan yang sesuai di samping hasil organik, menjalankan lelang secara real-time untuk miliaran pencari, dan meregister ulang iklan sesuai kinerjanya menjadi trik algoritmik yang bahkan lebih rumit daripada pencarian sebelumnya. Tapi kemudian, keseluruhan infrastruktur Google dikhususkan untuk menguraikan jumlah dan mengatur sejumlah besar data, jadi diposisikan secara unik untuk mendapatkan hal semacam ini dengan tepat. Jadi, sama seperti yang terjadi dengan penelusuran web, saat Google mengaktifkan sistem periklanan barunya, ternyata sistem tersebut diperkecil dengan data baru. Iklan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu; begitu banyak sehingga komputer Google akhirnya dapat memprediksi dengan akurasi yang sangat dingin dimana iklan akan bekerja dan mana yang tidak. Ternyata Google benar tidak mempekerjakan tenaga penjualan iklan yang luas, karena sistem otomatisnya lebih baik menempatkan iklan daripada orang Mad Men sebelumnya. Ini benar-benar lebih masuk akal bagi pengiklan untuk menyerahkan seluruh strategi iklan mereka ke algoritme Google.
Tidak semua orang percaya ini pada awalnya. Bahkan saat AdWords otomatis diluncurkan seperti roket, iklan berbasis BPS lama, yang dikenal sebagai Adwords Premium, masih beroperasi dengan cukup berhasil di latar belakang. Namun saat kutu buku alfa Google mengunyah angka dan menemukan bahwa iklan biaya per klik otomatis jauh dan jauh lebih efektif, keputusan dibuat untuk menghentikan iklan BPS. Ini terlepas dari fakta bahwa pengiklan merek tradisional dari Fortune 500 merasa lebih nyaman dengan metode lama. “Kami melakukan iklan CPM seharga $ 300 juta dan sekarang akan menghidupkan model lain ini dan mencopoti pendapatan itu,” Tim Armstrong akan kagum kemudian. Beberapa perusahaan pasti memiliki keberanian untuk melakukan hal seperti itu, untuk membunuh sapi perah sebelum benar-benar diperah. Tapi Larry dan Sergey merasa bahwa angka tersebut membuktikan bahwa model baru mereka lebih unggul, dan, seperti biasa, mereka bersedia memiliki keyakinan akan matematika. Atas protes para pengiklan yang telah dibina Armstrong dengan seksama, semua iklan Google segera beralih ke model lelang otomatis biaya per klik. Dan Larry dan Sergey ternyata benar! Iklan tersebut menjangkau lebih banyak orang dengan sedikit uang. Pengiklan segera beralih ke cara berpikir Google.
Pada dekade pertama abad ke-21, iklan akan semakin beralih ke digital dengan mengorbankan media periklanan tradisional seperti televisi, radio, dan terutama majalah dan surat kabar. Untuk tingkat besar, ini adalah hasil dari orang Amerika menghabiskan waktu berjam-jam lebih banyak per hari secara online. Seperti yang ditunjukkan oleh penulis Tim Wu, pengiklan selalu pergi ke tempat perhatian kolektif kita terbentang. Tapi sama pentingnya, pengiklan akan terus online karena model periklanan yang lebih efisien dan efektif sekarang ada di sana.
Google dapat dianggap sebagai perusahaan yang lahir dari dua penemuan keajaiban, yang salah satunya muncul dengan dirinya sendiri, dan yang lainnya diliputi oleh Overture. Pasti memecahkan masalah pencarian web tentu keajaiban yang telah memberi dampak terbesar pada masyarakat kita. Sulit membayangkan ekonomi informasi modern tanpa pencarian fungsional. Web dan Internet itu sendiri sekarang begitu besar sehingga tanpa pencarian yang layak, mudah untuk membayangkan bahwa semuanya akan runtuh dengan bobotnya sendiri. Tapi dengan memperbaiki karya perintis Overture dengan tautan berbayar, Google dapat mencapai sesuatu yang sama menakjubkannya: ini membuat internet menguntungkan … pada skala … dan untuk pertama kalinya. Dengan kemungkinan pengecualian Amazon dan eBay dan ratusan perusahaan dot com dengan valuasi miliaran dolar singkat mereka, dapat dikatakan bahwa Google benar-benar perusahaan pertama yang menghasilkan uang serius di Internet dengan cara yang berarti. Penelusuran berbayar terbukti menjadi mesin periklanan terhebat yang pernah dibuat manusia. Dan iklan bertarget ilmiah yang ditargetkan akhirnya akan mengubah iklan seperti yang telah dijanjikan Internet selama ini. Selanjutnya, iklan yang dilayani algoritme akan mendukung hampir semua produk yang akan dilepas Google: Penelusuran Gambar, Google Warta, Gmail, Google Maps, Google Buku. Periklanan memungkinkan perusahaan mewujudkan mimpinya mengorganisir informasi dunia karena iklan membuatnya menguntungkan untuk melakukannya. Dalam beberapa tahun yang singkat, iklan pencarian akan melampaui iklan banner atau “display” tradisional, dan dalam satu dekade, Google akan menghasilkan lebih dari $ 50 miliar pendapatan karena telah menangkap hampir 50 sen dari setiap dolar yang dihabiskan untuk iklan online. Saat ini, sebagian besar periklanan otomatis dengan cara yang serupa dengan apa yang dipelopori Google, dan bahkan saat ini pasar iklan online terbesar tetap terkait dengan pencarian. Ternyata tambang emas di internet sudah mencari selama ini, seperti yang dilakukan oleh Yahoo dan yang lainnya pertama kali diintimidasi, namun kemudian terlupakan.
GOOGLE’S IPO
Pada tahun 2003, Google terobsesi dengan satu hal: merahasiakan semua ini. “Kami telah memecahkan salah satu puzzle yang tidak terpecahkan dari internet – menghasilkan uang dalam skala dengan cara yang dipeluk pengguna,” kata David Krane, dari karyawan PR Google yang pertama. “Semakin lama kita bisa menghindari perusahaan lain yang memikirkannya, semakin baik.” Seperti sebelumnya, Google mengkhawatirkan Microsoft memberi nilai yang inheren dalam pencarian. Tentu, Microsoft sedang sakit dari uji coba anti-trust dan sudah memasuki dekade yang hilang, namun faktanya tetap bahwa satu-satunya perusahaan teknologi yang memiliki sumber daya, bakat dan ukuran yang harus dilakukan ke Google yang telah dilakukan Google ke Overture adalah Binatang dari Redmond.
Membantu menjaga agar Bill Gates dan perusahaan dalam kegelapan adalah CEO baru, “dewasa”, Eric Schmidt dari Google. Schmidt telah menjadi musuh Microsoft lama yang kembali ke tahun 1980an, saat ia menjadi manajer awal di Sun Microsystems, dan kemudian secara singkat di tahun 1990an sebagai CEO Novell. Pengalaman bertahun-tahun dalam mengelola hubungan dengan Microsoft tidak diragukan lagi berperan dalam pemilihan akhirnya Schmidt sebagai CEO, terutama ketika Page dan Brin telah menolak hampir semua kandidat lainnya di Silicon Valley. Schmidt adalah kandidat yang aneh untuk memulai, mengingat pengalaman dan perawakannya yang sudah ada sebelumnya di industri ini. Menjadi CEO Google berarti harus berbagi pusat perhatian, dan juga beberapa tingkat proses pengambilan keputusan, dengan pendiri Google. Memang, hubungan kerja Schmidt akan terus terbentuk dengan Page dan Brin akan berkembang menjadi semacam triumvirat yang ketiganya sama; Meskipun, jika dorongan datang untuk mendorong, para pendiri bisa mengalahkan CEO. Page dan calon impian Brin untuk pekerjaan itu adalah Steve Jobs, tapi sulit membayangkan pendiri Apple bersedia mengambil tempat duduk belakang menjadi dua dua puluh tujuh tahun, seperti yang akhirnya disepakati Schmidt. Page dan Brin datang ke Schmidt sebagian karena dia memiliki latar belakang Ilmu Komputer seperti mereka, dan karena Schmidt adalah kandidat favorit John Doerr, yang masih memegang kaki mereka ke api untuk membawa seorang CEO dari luar. Kesan Schmidt pertama tentang Larry dan Sergey adalah bahwa mereka “benar-benar sombong.” Tetapi saat dia memantau perusahaan tersebut dan terus bertemu dengan para pendiri, dia menemukan bahwa dia menghormati ucapan verbal. jousting dan brinksmanship intelektual yang endemik dalam budaya Google, berasal dari puncak perusahaan. Akhirnya, Schmidt menemukan bahwa dia tidak dapat menolak kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang melakukan pekerjaan paling menarik di semua teknologi saat itu.
Satu perusahaan teknologi yang sebenarnya berada dalam posisi terbaik untuk mewujudkan uang geyser yang telah disadap Google adalah Yahoo. Ini telah melihat langsung bagaimana pencarian berbayar, dalam bentuk link sindikasi Overture, telah menyimpan portal web. Dan berkat investasinya di Google, Yahoo memiliki firasat terbaik mengenai apa yang sebenarnya terjadi di balik layar di Googleplex. Jadi, pada musim panas 2002, hanya beberapa bulan setelah versi baru AdWords memulai debutnya, Yahoo menghasilkan $ 3 miliar dolar untuk membeli Google secara langsung. Google menolak tawaran tersebut, namun pada saat itu, tidak ada yang bisa membantah bahwa perusahaan tersebut sedang sombong. Dalam sedikit lebih dari dua tahun yang singkat, berkat mesin Adwords, Google akan melewati Yahoo dalam pendapatan iklan.
Terlambat, Yahoo menyadari bahwa pencarian adalah model bisnis ibu kota, sehingga membatalkan kemitraan pencarian organik dengan Google, membeli apa yang secara luas dianggap sebagai perusahaan dengan teknologi pencarian terbaik kedua, Inktomi, seharga $ 257 juta, dan pada tahun 2003 , membayar $ 1,4 miliar dolar untuk mengakuisisi Overture. Idenya adalah menggabungkan dua properti di bawah payung Yahoo dan meniru algoritme algoritma dan periklanan Google, lengkap dengan sistem Skor Mutu dan penawaran yang meniru AdWords dalam efisiensi dan efektivitas. Disebut Proyek Panama, sistem generasi berikutnya tidak dirilis secara luas sampai Februari 2007, yang mana Google telah melarikan diri tidak hanya dengan pangsa pasar pencarian secara umum, namun secara keseluruhan keseluruhan keseluruhan pasar periklanan pencarian.
Pada saat itu, seluruh dunia tahu apa yang telah diintip Yahoo: Google mencetak uang. Pada tanggal 29 April 2004, Google mengajukan Penawaran Umum Saham Perdana. Ini akan menjadi teknologi IPO profil tertinggi sejak gelembung dotcom meledak. Ketika Google merilis sebuah snapshot dari saham finansialnya sehingga calon investor dapat mengevaluasi prospek perusahaan, dunia teknologi dan keuangan tercengang. Modal ventura Mitchell Kertzman mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa jumlah Google “menakjubkan.” Kepala PR Google David Krane ingat tanggapan umum adalah “‘omong kosong!'” Google telah menghasilkan lebih dari setengah miliar dolar dalam bentuk tunai pada tahun 2003 dan Margin operasi mencapai 60 persen yang mencengangkan-ini adalah angka tingkat Microsoft. Pasar online untuk iklan pencarian telah mencapai $ 2,5 miliar pada tahun 2003 (hampir tiga kali lipat ukuran pasar dari $ 927 juta yang dikeluarkan setahun sebelumnya) dan Google telah menangkap sekitar $ 1 miliar itu. Banyak kesuksesan ini berkat kenyataan bahwa 35% dari semua pencarian web sekarang dilakukan melalui Google, melebihi pangsa pasar 30% Yahoo.
Brin dan Page tidak benar-benar ingin go public, setelah mengajukannya hanya karena peraturan keuangan akan segera memaksa mereka untuk melakukannya. Tapi jika Google akan go public, sama seperti dengan hal lainnya, perusahaan akan melakukannya atas persyaratan Larry dan Sergey. Dalam surat tersebut, para pendiri menulis kepada calon investor, yang mereka sebut “Manual Pemilik” untuk pemegang saham (dan New York Times menyatakan sebagai “dokumen keuangan sebagian, manifesto populis,”) Pendiri Google memulai dengan sebuah pernyataan sederhana: ” Google bukan perusahaan konvensional. Kami tidak berniat menjadi satu. “Brin dan Page melanjutkan niat mereka untuk terus mengoperasikan Google dalam melayani cita-cita luhur mereka sendiri, untuk” mengembangkan layanan yang memperbaiki kehidupan sebanyak mungkin orang – untuk melakukan sesuatu masalah itu, “daripada tunduk pada keinginan kuartalan ekspektasi Wall Street. Selama beberapa bulan ke depan, seiring jalannya IPO dimulai, orang-orang Google dituduh “membolak-balik hidung mereka” di Wall Street dan tradisinya. Larry dan Sergey menuntut agar underwriter IPO hanya menerima fee sebesar 2,8 persen untuk layanan mereka, sekitar setengah dari jumlah yang diharapkan bankir. Selama “road show” ketika para pendiri saling silang, seolah-olah menjual perusahaan itu kepada investor, Larry dan Sergey menolak untuk menolak pertanyaan spesifik tentang operasi Google atau rencana masa depan. Bahkan jumlah saham yang ditawarkan Google sampai ke publik pun sedikit lelucon. Google bermaksud menjual ekuitas senilai $ 2.718.281.828. Geeks matematika (seperti pendiri Google) tahu bahwa angka ini mewakili 9 desimal pertama di bilangan matematis e, yang tentu saja merupakan bilangan irasional.
Â
Artikel ini adalah hasil translate dari Artikel yang berasal dari sini :Â http://www.internethistorypodcast.com/2017/04/the-history-of-google/
Â